Jumat, 22 Februari 2013

Cara mengatasi rambut rontok






 

Masalah rambut rontok sebenarnya bukan hal yang besar. Rambut manusia memang akan mengalami rontok pada waktunya, normalnya adalah 100 helai per hari. Rambut akan rontok jika folikel rambut berhenti memproduksi sel penumbuh rambut. Hilangnya rambut ini tidak sekaligus, namun bertahap. Semakin hari semakin banyak dan menyebar ke berbagai bagian kulit kepala. Rambut di kulit kepala kita ada kurang lebih 100.000 helai. Pada kulit yang sehat, rambut yang rontok akan segera tergantikan secepat mungkin. Rambut adalah bagian tubuh yang paling cepat tumbuh, menempati urutan kedua setelah sumsum tulang.

Rambut yang sehat bisa bertahan selama 4-7 tahun dengan tumbuh ½ inci tiap bulannya. Masalah kerontokan rambut dapat terjadi jika rambut sangat rapuh dan mudah terlepas dari akarnya. Pria lebih rentan terkena masalah rambut rontok daripada wanita akibat faktor keturunan. Namun saat ini wanita juga sering bermasalah dengan rambutnya akibat dari rekayasa yang bermacam pada rambutnya. Kerontokan rambut normal terjadi pada rentang usia 35-50 tahun. Kerontokan rambut yang bermasalah dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa muda.


Penyebab rontoknya rambut

Rambut rontok memiliki berbagai macam penyebab, namun pada dasarnya penyebab rambut rontok ada dua macam faktor, yakni:
  1. Faktor keturunan atau heriditer dimana kerontokan rambut diperoleh secara turun temurun. Untuk yang satu ini, tidak ada cara lain mencegah rontoknya rambut. Hany saja bisa dilakukan pencegahan supaya rontoknya rambut tidak berjalan secara cepat.
  2. Faktor dapatan yang mana kerontokan rambut adalah hal yang terjadi akibat penyakit maupun kesalahan dalam perawatan rambut.
Bagaimanapun tidak ada yang bisa kita lakukan untuk menghindari dua faktor tersebut. namun bukan berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan atau setidaknya mengurangi rambut rontok. Cara yang paling mudah adalah melakukan perawatan rambut yang benar dan olahraga secara teratur karena kesehatan rambut dipengaruhi oleh kesehatan tubuh kita.

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok

Mengingat pentingnya rambut sebagai penunjang penampilan, anda seharusnya menjaga dan menghindarkan rambut dari kerusakan dan kerontokan. Dibawah ini adalah beberapa tips untuk melakukan hal tersebut.
  • Cukupi asupan makanan bergizi dan kaya kandungan protein serta zat besi.
  • Hindari stres karena dapat merusak rambut yang disebabkan metabolisme tubuh yang tidak lancar.
  • Hindari penggunaan obat yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut.
  • Olahraga yang teratur adalah cara tepat merawat rambut. Olahraga mampu memperlancar peredaran darah kulit kepala dan memberikan nutrisi kepada rambut.
  • Istirahat yang cukup dapat mengoptimalkan pertumbuhan rambut anda.
  • Kurangi bahkan hindari konsumsi kafein dan rokok karena keduanya kurang baik bagi pertumbuhan rambut.
  • Jangan keramas menggunakan air panas.
  • Hindari penggunaan hair dryer atau pengering rambut. Gunakan handuk untuk mengeringkan rambut, sisanya biarkan kering alami.
  • Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah.
  • Hindari terpaparnya kulit kepala terhadap sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama.
  • Gunakan shampo dari bahan herbal yang lebih ramah rambut daripada shampo berbahan kimia.
  • Kurangi penggunaan minyak rambut, baik berupa gel atau krim, juga kurangi hair spray dan pewarna rambut.
  • Gunakan gunting yang tajam saat anda memotong rambut.
  • Hindari kebiasaan menarik rambut tanpa alasan yang jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate by Google ( UBLO 7 )

Blogroll

About

Flag Counter